AKU dan SAYA

by

Selama ini ada aku dan saya, aku bukanlah saya dan saya bukan aku. Saya adalah realitas dan emosi yang terbendung di dunia materi. Saya mungkin adalah siapa yang banyak dikenal orang, sedangkan aku lebih sulit dipahami, aku memiliki emosi yang terkadang bahkan hampir selalu tidak bisa saya jelaskan. Aku adalah sisi lain dari saya, aku lebih jujur walau terkadang kejujuran aku sulit untuk dipahami, aku bisa mengungkapkan suatu hal diluar dari apa yang saya ketahui tentang apa yang ada di dunia. Saya adalah aku yang sadar. Saat saya kehilangan pijakan pada kenyataan maka datanglah aku, terkadang aku membenci saya, sebab untuk menghadapi kenyataan saya terkadang memanfaatkan aku untuk lari dari segalanya. Di sisi lain saya juga sering mencemooh aku yang kerjanya hanya mimpi dengan membangun gambaran abstrak tentang masa lampau hingga masa depan seolah segalanya mudah bagi saya. Saya selalu berubah sedangkan aku adalah sisi pasti dari saya, aku lebih kuat dari saya, tapi saya terlalu sering mengalahkan aku karena saya itu nyata. Mungkin tak seorangpun mengenal aku, saya bahkan juga tidak begitu mengenal aku, namun aku tau jelas siapa saya. Tidak masalah untuk menjadi siapapun antara aku dan saya karena aku dan saya bagaikan tubuh dan roh yang jika dipisahkan hanya akan menyisakan hal tersulit yang disebut kematian.